dr Evi Target RSUD Weda Menuju Tingkatan Paripurna

dr. Selvia Denggo M.Kes., Sp.PK. Direktur RSUD Weda, Halmahera Tengah

WEDA- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Weda, dr. Selvia Denggo M.Kes., Sp.PK. berkomitmen terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Halmahera Tengah, Maluku Utara, dengan cara mengakreditasikan unit layanan rumah sakit yang dinahkodainya.

Akreditasi sebuah rumah sakit menurut dr. Evi sapaan akrabnya, penting dilakukan agar pembaruan sistem layanan dapat berjalan sesuai standar maupun pengelolaan manajemen dilakukan secara profesional.

Sejak berdiri tahun 2008, RSUD Weda sudah diakreditasi dan memperoleh predikat bintang satu atau tipe-D. Namun, sejak dikeluarkannya Izin Opersiaonal oleh Kementerian Kesehatan hingga penghujung tahun 2023 pembaruan status rumah sakit tersebut banyak menemui kendala.

Akreditasi yang telah lama dinantikan akhirnya terwujud setelah  Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan (LAFKI) melakukan survei di RSUD Weda  pada 5 hingga 7 November 2023.

“Penilaian akreditasi ini merupakan penilaian tertinggi dari layanan yang ada di sebuah rumah sakit di Indonesia, sehingga kami dan seluruh teman-teman berjuang untuk dapat menyelamatkan rumah sakit maupun pelayanan terhadap masyarakat Halmahera Tengah karena ini satu-satunya rumah sakit yang ada di Halteng,” ungkap dr Evi kepada KabarMalut, Rabu (8/11/2023).

dr. Evi mengaku, sebuah rumah sakit mengikuti akreditasi tidaklah mudah, tetapi jika niat kita untuk kepentingan dan keselamatan banyak orang dirinya berkayakinan apapun bisa diraihnya.

“Harapan saya dalam akreditasi ini RSUD Weda bisa lulus paripurna, saya memiliki target yang tinggi, namun semua tergantung kerjasama dan peran pemerintah daerah,” kata Evi.

Jumlah pegawai di RSUD Weda saat ini sebanyak 296 orang terdiri dari 7 dokter spesialis, 1 dokter gigi, 10 dokter umum, 148 perawat, tenaga kesehatan lainnya 48 dan tenaga non kesehatan 35 orang. Para pegawai terdiri dari ASN, PPPK dan tenaga kontrak.

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah atas dukungannya terhadap pembangunan RSUD Weda, yakni Bupati sebelumnya Edi Langkara dan selanjutnya Pj Bupati Ikram M Sagadji beliau sangat mendukung niat kami dalam akreditasi ini,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *