Sukses Bangun Stadion GBK Halsel, Bahrain Bakal Bangun JBK Jembatan Bacan-Kasiruta

Colon Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba

Labuha – Calon Bupati Halmahera Selatan ( Halsel) Bahrain Kasuba dan Umar Hi Soleman (BK-UHS) Berkomitmen membangun Jembatan Penghubung 2 Pulau yakni Jembatan Bacan- Kasiruta (JBK) sebagai penyangga ekonomi di masa depan.

Ide ini disampaikan Bahrain Kasuba dalam kampanye di desa loleo jaya kecamatan Kasiruta timur, Zona I Bacan dan Kasiruta.

Kata Bahrain, Selain menuntaskan jalan lingkar pulau Kasiruta, dirinya dan Umar Hi Soleman, juga merancang pembagunan Jembatan BK (Bacan-Kasiruta), sebagai penyangga ekonomi masyarakat di dua pulau itu sendiri.

“Kami telah merancang dan menganalisa dengan baik. Olehnya itu jika kami diberikan amanah untuk memimpin Halmahera Selatan periode 2024/2029, kami akan membangun jembatan tersebut sebagai bagian integral antara Bacan dan Kasiruta yang memiliki historis sejarah,”sebutnya.

Kata Bahrain, Pembagunan jembatan tersebut, sudah dikaji dengan baik melalui historis sejarah yang jelas, dari sisi budaya, dan dari sisi ekonomi sangatlah diuntungkan, maka itu akan dilakukan.

“Selam ini Napak tilas hanya dilakukan melalui jalur laut, maka kita mempermudahnya dengan menggunakan perjalanan moderen,”ujarnya.

Lanjut Bahrain, pembagunan jembatan tersebut, tidak terlepas dari bagaiman meningkatkan taraf hidup masyarakat di kecamatan Kasiruta barat dan timur yang memiliki pola ekonomi yang baik, namun dibebani olah transportasi yang kurang memadai.

“Kalau jembatan ini dibangun, saya pastikan hasil pertanian dan perikanan masyarakat Kasiruta tidak lagi menjadi beban bagi petani dan nelayan itu sendiri,”terangnya.

Bahkan kata Bahrain, jembatan ini mungkin akan menjadi yang paling Gaga di Maluku Utara, diantara pembangunan jembatan lainnya.

Pasalnya, jembatan ini akan menghabiskan anggaran yang cukup fantastis yaitu sebesar Rp 200 miliar untuk Kawasan Strategis dan Infrastruktur Halsel (KSIH), sedangkan JBK sendiri diperkirakan memakan dana miliaran, yang nanti menajdi hasil kerja sama dengan pihak swasta dan BUMN.(*)